(123)456 7890 demo@coblog.com

Bagaimana Mengenali Penguntitan Dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Itu Terjadi Pada Anda

Bagaimana Mengenali Penguntitan Dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Itu Terjadi Pada Anda

Bagaimana Mengenali Penguntitan Dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Itu Terjadi Pada Anda – Seorang mantan kolega mulai menyamar sebagai Anda secara online atau mengirimi Anda hadiah yang tidak diinginkan.

Bagaimana Mengenali Penguntitan Dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Itu Terjadi Pada AndaBagaimana Mengenali Penguntitan Dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Itu Terjadi Pada Anda

esia.net – Anda memperhatikan kata sandi media sosial Anda terus berubah, dan Anda cukup yakin pacar pengendali Anda membaca pesan pribadi Anda. Salah satu situasi ini dapat menjadi tanda penguntitan – tetapi banyak dari kita tidak tahu cara mengenali penguntit saat melihatnya, atau apa yang harus dilakukan jika kita menemukan diri kita sendiri sebagai target.

Menguntit dapat menyebabkan ketakutan, stres, kebingungan, kemarahan, rasa tidak berdaya dan terisolasi, menyalahkan diri sendiri, dan meragukan diri sendiri.

Dilansir dari laman kompas.com, Di tengah campuran emosi yang luar biasa itu, mungkin sulit untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk tetap aman jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki penguntit di tangan Anda.

Baca Juga : Apa Itu Cyberstalking dan Bagaimana Mencegahnya

ABC Everyday berbicara dengan beberapa pakar tentang seperti apa sebenarnya menguntit – dan apa yang harus dilakukan jika menurut Anda Anda mungkin menjadi target.

Semua tentang ‘kekuatan dan kendali’

Mungkin Anda menganggap penguntit sebagai orang asing yang bersembunyi di balik bayang-bayang, mengintip melalui jendela seperti Joe Goldberg di serial TV populer You, atau mengikuti dan mengancam orang-orang terkasih seperti subjek kehidupan nyata podcast Dirty John dan acara TV, John Meehan.

Pada kenyataannya, menguntit dapat memiliki berbagai bentuk, tetapi umumnya melibatkan seseorang yang berulang kali menghubungi, melecehkan, atau memata-matai Anda atau menunjukkan perhatian yang tidak diinginkan yang menyebabkan ketakutan atau kesusahan.

Bisa secara langsung dan online. Mungkin juga seseorang menguntit Anda tanpa Anda menyadarinya sama sekali.

Mengikutimu; berkeliaran di luar rumah, tempat kerja atau tempat umum Anda; mengganggu properti Anda; dan membuat ancaman untuk menyakiti (atau benar-benar merugikan) Anda atau orang yang Anda cintai semuanya bisa dalam bentuk penguntitan.

“Mereka bahkan tidak perlu melihat Anda. Jika mereka terus-menerus meninggalkan hadiah, atau memesan dan membatalkan barang, itu juga bisa dihitung,” kata Julie Kun, CEO Pertukaran Informasi dan Referensi Wanita (WIRE).

Dengan media sosial, spyware, dan teknologi lain yang sedang meningkat, Kun mengatakan “kami sekarang melihat banyak penguntitan dunia maya”.

Penguntitan dunia maya (juga dikenal sebagai penguntit yang dibantu teknologi) dapat mencakup pengintaian atau pengamatan terhadap akun media sosial Anda; meretas komputer Anda; memasang aplikasi atau perangkat pelacakan; mengakses ponsel Anda untuk melihat informasi pribadi; panggilan, teks, atau pesan yang tidak diinginkan; berbagi atau mengancam untuk membagikan foto, video, atau informasi pribadi; atau meniru identitas online Anda.

Baik secara online maupun dalam kehidupan nyata, menguntit selalu memiliki tujuan yang serupa.

Jika itu terjadi pada Anda

Jika Anda merasa sedang dikuntit, mengetahui ke mana harus meminta bantuan bisa membuat bingung dan kewalahan. Di sinilah memulainya.
Tanggapi dengan serius

Menguntit adalah kejahatan di semua negara bagian dan teritori Australia, dan semua pakar yang kami ajak bicara mengatakan bahwa sebaiknya jangan berasumsi bahwa penguntitan akan hilang.

“Kami melihat perilaku meningkat cukup cepat, jadi sangat penting bagi orang yang mungkin terancam atau khawatir untuk mencari dukungan,” kata Nicole McMahon, manajer umum di 1800RESPECT.

Ms Kun mengatakan bahwa selalu layak untuk menguntit “dengan sangat serius”, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat kekerasan.

“Sayangnya kita tahu bahwa dengan banyaknya korban kekerasan keluarga yang terbunuh, apalagi setelah putus hubungan, ada unsur stalking yang terjadi,” ujarnya.

Kumpulkan bukti

Penguntitan sering kali sulit untuk dideteksi atau disimpan – “jadi sangatlah penting untuk mencoba mengumpulkan bukti, bahkan jika itu menyimpang dari apa yang Anda lihat,” kata Kun.

Sebaiknya simpan surat atau hadiah dari penguntit; menyimpan tangkapan layar teks atau penyalahgunaan online; ambil foto grafiti, bunga, atau properti yang hancur pada posisi Anda menemukannya; dan menyimpan semua bukti di tempat yang aman (seperti di USB di rumah teman), Komisaris eSafety merekomendasikan.

Dan setiap kali terjadi insiden yang berkaitan dengan penguntitan, pastikan untuk menuliskan apa yang terjadi, di mana, tanggal dan waktu, serta nama saksi.

Semua bukti ini penting untuk penyelidikan polisi dan jika kasus Anda dibawa ke pengadilan.

Cari bantuan hukum

Sebaiknya segera laporkan penguntitan ke polisi – idealnya tidak lebih dari dua minggu setelah penguntitan dimulai. (Jika Anda dibuntuti selama lebih dari dua minggu, kemungkinan penguntit Anda akan bertahan selama enam hingga 12 bulan, menurut WIRE.)

Beri tahu polisi apa yang terjadi, tunjukkan kepada mereka bukti yang telah Anda kumpulkan, dan tanyakan kepada mereka apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keselamatan Anda. (Pemeriksaan keamanan rumah gratis dan rahasia juga dapat diatur melalui sebagian besar kantor polisi.)

Layanan Korban Kejahatan negara bagian atau teritori Anda adalah sumber lain yang bagus untuk dijangkau.

“Anda dapat menelepon mereka dan mereka dapat berbicara dengan Anda tentang pilihan mereka dan di mana Anda bisa mendapatkan bantuan hukum,” kata Jacinta Wainwright, manajer tanggap krisis di layanan dukungan kekerasan keluarga Langkah Aman.

Dan jika penguntit Anda adalah partner atau mantan partner, 1800RESPECT dapat membantu dengan berbagai hal termasuk perencanaan keselamatan.

(Saat menelepon salah satu sumber daya ini, sebaiknya gunakan telepon umum atau ponsel teman untuk menelepon seandainya ponsel Anda dilacak atau didengar.)

Temukan dukungan emosional

Sebaiknya Anda juga mencari dukungan emosional untuk diri sendiri.

“Menguntit benar-benar dapat merusak rasa aman itu. Ada reaksi emosional, orang bisa merasa sangat takut, sangat cemas, merasa tidak berdaya, dan kemudian mereka bisa merasa bersalah dan malu karena merasa tidak berdaya,” kata Kun.

“Berbicara dengan organisasi seperti WIRE atau 1800RESPECT tentang mendukung diri sendiri secara emosional dapat membantu.”

Dan ingat Anda tidak bisa disalahkan, terlepas dari riwayat Anda dengan penguntit.

Hindari kontak dengan penguntit

WIRE merekomendasikan untuk memberikan penguntit Anda satu pesan yang jelas bahwa Anda tidak menginginkan perhatian atau kontak mereka. Yang terbaik adalah tidak bernegosiasi atau bernalar dengan mereka, dan menahan diri untuk tidak menanggapi penghinaan atau email – penguntit dapat melihat segala bentuk kontak sebagai hadiah.

Tetapi Ms Kun menambahkan bahwa tidak ada aturan menyeluruh tentang apakah akan pernah menanggapi penguntit Anda.

“Untuk beberapa, mereka mungkin berkata, ‘Saya baru saja berbalik dan berkata tersesat, saya tahu Anda ada di sana’ dan itu sudah cukup,” katanya. “Bagi yang lain, itu benar-benar dapat meningkatkan bahaya.”

Beri tahu orang tepercaya apa yang terjadi

Sebaiknya beri tahu teman tepercaya, anggota keluarga, rekan kerja, penjaga keamanan, dan – jika perlu – tetangga bahwa Anda sedang dibuntuti; jika mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi, mereka mungkin secara tidak sengaja memberikan informasi kepada penguntit Anda.

Anda mungkin juga ingin menyetujui kata kode yang dapat Anda gunakan di telepon kepada teman jika Anda memerlukan bantuan dalam keadaan darurat.

Meminta teman Anda untuk tidak “melapor masuk” ke lokasi di media sosial atau membagikan citra yang menunjukkan lokasi Anda saat ini juga merupakan ide yang bagus.

Pertimbangkan perintah intervensi

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda sedang dibuntuti, ada baiknya untuk memikirkan tentang mendapatkan perintah intervensi (dikenal sebagai perintah perlindungan di beberapa negara bagian), kata Ms Wainwright. “Semakin awal Anda bisa mendapatkan bantuan, semakin baik.”

Meskipun tidak semua penguntit akan dihalangi oleh perintah perlindungan, melanggar salah satu perintah ini merupakan tindakan kriminal, yang dapat berujung pada penangkapan.

Tidak yakin bagaimana cara memulai untuk mendapatkan salah satu dari pesanan ini? Pengacara atau layanan hukum — seperti layanan hukum kekerasan keluarga gratis — dapat memberi tahu Anda cara mengajukan permohonan (dikenal sebagai perintah intervensi di beberapa negara bagian).

Pengadilan hakim juga menawarkan bantuan untuk mengajukan perintah intervensi; tanyakan saja kepada petugas pengadilan bagaimana memulainya, kata Ms Wainwright.

Dan jika penguntit Anda adalah pasangan atau mantan pasangan, pengadilan keluarga sering kali menawarkan pekerja dukungan kekerasan keluarga gratis yang juga dapat membantu Anda mengajukan perintah intervensi.

Artikel ini hanya berisi informasi umum. Anda harus mendapatkan nasihat khusus, hukum atau polisi profesional sehubungan dengan keadaan dan masalah khusus Anda.

Mengetahui apa yang memenuhi syarat sebagai penguntitan menurut undang-undang negara bagian dan federal dapat membantu Anda menentukan apakah Anda menjadi sasaran, serta apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

Menguntit Tanda # 1: Mengintai di Sekitar Tempat Kerja atau Lingkungan Anda

Apakah Anda terus-menerus bertemu pria yang sama setelah bekerja atau di toko bahan makanan? Apakah dia parkir di samping Anda di garasi atau di dekat Anda di jalan? Bertemu dengannya setiap malam di gym tidak membuatnya menjadi penguntit. Tetapi melihatnya nanti di mal atau bersembunyi di lingkungan Anda saat Anda tiba di rumah mungkin perlu dikhawatirkan. Pertemuan sesekali bisa menjadi kebetulan jika Anda tinggal atau bekerja di area yang sama. Tapi pertemuan yang berulang bisa menandakan penguntitan.

Menguntit Tanda # 2: Mengawasi Anda

Seorang “pengamat” mengikuti Anda dari kejauhan. Dia mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda, teman, dan keluarga Anda. Mereka mungkin memotret Anda, bertanya kepada teman Anda tentang Anda atau mengumpulkan informasi dari sumber lain seperti catatan publik atau firma riset online.

Beberapa bahkan menyewa detektif swasta untuk mengikuti Anda dalam upaya mempelajari setiap detail kehidupan pribadi Anda.Jika Anda merasa sedang diawasi, atau Anda sering mengenali orang yang sama di kerumunan, Anda mungkin berada di bawah pengawasan. pengawasan penguntit.

Stalking Sign # 3: Panggilan Telepon Berulang

Banyak panggilan telepon dari seseorang yang tidak Anda temui secara sosial secara teratur dapat menimbulkan bahaya. Berapa banyak? Menelepon berkali-kali setiap minggu dari seseorang yang Anda kenal hanya dengan santai kemungkinan merupakan alasan untuk khawatir, meskipun panggilan juga dapat berupa hang-up atau senyap panjang pada pesan suara Anda. Jika Anda tahu siapa orang itu, beri tahu dia dengan tegas untuk berhenti. Jika panggilan terus berlanjut, catat waktu dia menelepon dan beri tahu polisi.

Menguntit Tanda # 4: Memberi Hadiah yang Tidak Pantas

Beberapa penguntit memulai dengan mengirimkan bunga atau hadiah yang tidak diinginkan. Ketika kasih sayang mereka tidak dibalas, mereka dapat memperburuk situasi dengan mengirimkan lebih banyak hadiah, termasuk yang tidak pantas atau bahkan pornografi.

Taktik tipikal adalah mengirim hadiah ke kantor Anda. Hal ini membuat Anda malu dan tertekan karena Anda dipaksa untuk mengakui hadiah kepada teman-teman Anda, meskipun hanya untuk mengatakan Anda tidak tahu siapa yang mengirim mereka.

Beberapa penguntit menindaklanjuti hadiah mereka dengan menelepon untuk mengetahui apakah Anda menerimanya. resepsionis perusahaan, minta dia untuk menyaring pengiriman untuk Anda dan menolak kiriman dari penguntit Anda yang dicurigai. Resepsionis juga mungkin bisa menggambarkan orang yang mengantarkan paket.

Menguntit Tanda # 5: “Menyelamatkan” Anda

Siapapun bisa mengalami ban kempes atau kerusakan di jalan raya, tentu saja, tapi banyak penguntit yang senang bermain sebagai pahlawan. Jadi mereka akan menciptakan situasi yang mengharuskan Anda untuk diselamatkan – tepat ketika mereka kebetulan lewat.

Insiden ini dapat mencakup ban kempes tiba-tiba yang mencurigakan, mobil yang tidak mau menyala atau kehabisan bensin secara tidak terduga. Penguntit muncul dan dengan gagah berani mengganti ban Anda atau memiliki kaleng bensin cadangan yang dapat menyelesaikan masalah Anda. Meskipun bantuan mereka menggoda, tolak dengan sopan dan beri tahu orang yang telah Anda hubungi untuk meminta bantuan dan mereka sedang dalam perjalanan.

Kemudian cari tempat yang aman untuk menunggu.Beberapa penguntit yang kompleks pahlawan bahkan lebih licik dalam pendekatan mereka.Mereka mungkin mengikuti Anda pada hari hujan dan menawarkan penggunaan payung mereka.

Atau mereka mungkin mengambil kunci Anda, lalu memberikannya kepada Anda, mengatakan bahwa Anda pasti menjatuhkannya. Meskipun itu bisa jadi hanya perilaku sopan, sebaiknya berhati-hati dengan siapa pun yang tidak Anda kenal.

Esia - Informasi Penanggulangan Stalking Amerika dan Dunia