Ini Dia Komunitas Penanggulangan Stalking Resource Centre (SRC) Amerika Serikat

Ini Dia Komunitas Penanggulangan Stalking Resource Centre (SRC) Amerika Serikat

Ini Dia Komunitas Penanggulangan Stalking Resource Centre (SRC) Amerika Serikat – Jumlah kasus stalking di Amerika Serikat memang sangatlah banyak. Dari data yang ada, sekitar 6% laki-laki pernah mengalami penguntitan atau stalking dan parahnya lagi 15% perempuan lebih banyak pernah mengalami kasus tersebut selama masa hidupnya. Bahkan di Amerika Serikat Sendiri, bulan Januari menjadi bulan kesadaran penguntitan nasional alias National Stalking Awareness. Nah, untuk menanggulangi kasus stalking ini, terdapat sebuah komunitas khusus bernama Stalking Resource Centre (SRC). SRC AS ini sendiri merupakan sebuah komunitas khusus yang dibentuk oleh National Centre for Victims of Crime (NCVC) yang bekerja sama dengan Kantor Departemen Kehakiman AS pada tahun 2000 silam. Sudah lebih dari 100.000 orang profesional dilatih oleh komunitas ini untuk menanggulangi masalah stalking terutama pada korbannya yang tersebar di 50 negara bagian AS. Kehadiran SRC AS ini sebagai salah satu jalan penanggulangan penguntitan di AS walaupun memang pemerintah sudah punya banyak cara untuk penanggulangan tersebut tetapi masih banyak celah yang berusaha ditutupi oleh komunitas ini. Menariknya lagi, SRC AS ini juga memberikan bantuan secara teknis kepada beragam komunitas yang ada guna meningkatkan respons yang dipunyai pada masalah penguntitan.

Komitmen yang dipegang oleh SRC AS ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, advokasi dan juga meningkatkan keselamatan korban pengunititan. Beragam promosi dilakukan untuk meuwjudkan komitmen tersebut. Selain itu, SRC AS ini bertekad untuk meminta pertanggungjawaban secara penuh kepada para pelaku kejahatan stalking yang amat merugikan. Nah, SRC AS ini punya beberapa misi untuk wujudkan berbagai tujuan ataupun komitmen yang hendak diraih mulai dari meningkatkan kemampuan yang dipunyai para profesional maupun organisasi serta secara aktif membuat sistem efektif guna merespon kejahatan penguntitan yang terjadi. Impian dari SRC AS ini adalah terwujudnya sebuah dunia dimana ada banyak mitra sekutu komunitasnya, sistem peradilan pidana untuk kasus pengunitan yang efektif serta alat terbaik yang saling bekerja sama guna mencegah dan menyelesaikan masalah pengutitan tersebut. Diharapkan para korban bisa meningkat kesejahteraan maupun keselamatannya dan para pelaku pun bisa dimintai pertanggungjawaban akan perilaku yang dilakukan. Berbagai pihak pun yang datang ke SRC AS akan dilayani mulai dari masyarakat luas, media, lembaga berbasis komunitas, praktisi dalam sistem peradilan sipil dan pidana, sampai kantor penerimaan hibah kekerasan terhadap perempuan. Banyaknya pihak yang diterima oleh SRC AS ini dikarenakan kesadaran bahwa untuk meningkatkan kesadaran dan penanggulangan akan masalah stalking ini butuh kerja sama dari banyak pihak.

Terdapat banyak sekali layanan yang diberikan oleh Stalking Resource Center (SRC) AS ini mulai dari layanan pelatihan, bantuan teknis dan layanan akan pusat informasi. Dalanm situs web dari komunitas ini menyediakan banyak sekali informasi yang memang dibutuhkan bagi para korban penguntitan untuk mencegah, menangani dan juga melaporkan kasus tersebut. Beberapa informasi yang disediakan dalam sistem informasi situs web SRC AS ini ada informasi mengenai UU penguntitan federal yang berlaku di Amerika, panduan sumber daya online, profil para praktisi dan masih banyak lagi. Sementara itu para praktisi dari Stalking Resource Center ini bisa langsung menambah pengetahuan dan informasinya lewat clearinghouse informasi yang akan membagikan mengenai banyak bahan informasi meliputi alat pendidikan yang dikhususkan bagi praktisi, kurikulum multi disiplin, model protokol, artikel dan penelitian yang membahas mengenai penguntitas dan berbagai masalah tertaik dan lain sebagainya. Anda bisa melihat beragam pencampaian dari SRC AS ini langsung pada website yang dipunyai. Apabila Anda membutuhkan bantuan juga bisa menghubungi komunitas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!