(123)456 7890 demo@coblog.com

Mengetahui Apa Motif Dibalik Perilaku Pengutitan

Mengetahui Apa Motif Dibalik Perilaku Pengutitan

Mengetahui Apa Motif Dibalik Perilaku Penguntitan – Orang-orang bercanda tentang “google menguntit” calon mitra mereka sepanjang waktu, tetapi menguntit bukanlah masalah tertawaan. Menguntit adalah pola perilaku yang membuat Anda merasa gugup dan mudah diserang.

Mengetahui Apa Motif Dibalik Perilaku Pengutitan

esia.net – Setiap skenario dengan penguntit mungkin berbeda (dari kontak berulang hingga hadiah yang tidak diinginkan), tetapi tujuannya tetap sama, untuk membuat Anda merasa rentan. Penguntitan memengaruhi 6,6 juta orang di AS setiap tahun dan 3 dari 10 orang tersebut melaporkan mengalami gangguan emosional dan psikologis sebagai akibatnya.

Baca Juga : Pengadilan Vonis Pria Penguntit Wanita Tua Di Napa County

Pada tahun 1999, Stalking Resource Center menerbitkan buku pegangan tentang menguntit dengan fakta menarik yang mengungkap apa yang memotivasi seseorang untuk melecehkan orang lain. Informasi berikut dikumpulkan dari buku pegangan itu untuk memberikan pandangan yang menawan ke dalam pikiran seorang penguntit.

Apa yang Memotivasi Penguntit

Dilansir dari kompas.com, Penguntit dapat memulai pelecehannya dengan berulang kali menelepon atau menghubungi targetnya melalui email dan media sosial, tetapi tidak selalu berakhir di situ. Jika metode kontak ini tidak efektif, “individu dapat meningkat menjadi perilaku yang lebih mengganggu seperti memata-matai, dan secara tidak terduga menghadapi korbannya,” kata Robert T. Muller dalam artikelnya, Mind of a Stalker.

Dalam banyak kasus, penguntitan dimulai di akhir hubungan, namun, tidak ada ilmu pengetahuan yang sempurna untuk menentukan siapa yang akan atau tidak akan menjadi penguntit. Namun, terima kasih kepada para peneliti, kami sekarang mengetahui faktor-faktor pendorong yang mendorong beberapa orang untuk mengintai. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Penolakan

Apakah penolakan itu nyata atau hanya dirasakan oleh penguntit, itu merupakan pukulan kritis. Penguntit melihat diri mereka sebagai korban yang dituntun atau dipermainkan. Ketakutan mereka akan pengabaian tidak memungkinkan mereka untuk bernalar, jadi tidak mungkin untuk mengecewakan mereka.

Obsesi

Penguntit sering kali obsesif dalam berbagai bidang kehidupan termasuk kecenderungan romantis mereka. Mereka biasanya memiliki pola pikir berulang yang berputar seperti rekaman rusak, jadi mereka lambat laun menjadi begitu asyik dengan targetnya, mereka tidak bisa tidur, lupa makan, dan membiarkan pekerjaan mereka di pinggir jalan.

Fantasi

Penguntit mengaburkan garis antara fakta dan fiksi. Mereka memiliki perasaan berhak bahwa target mereka adalah milik mereka yang memberi makan fantasi bahwa mereka ditakdirkan untuk bersama. Beberapa menjadi sangat yakin, mereka akan menemukan detail di kepala mereka tentang hubungan romantis yang tidak ada, dan mereka akan sangat yakin akan hal itu, mereka dapat meyakinkan orang lain.

Narsisisme

Penguntit tidak dapat mengenali atau menghormati perasaan atau batasan orang lain. Mereka juga kurang memiliki keterampilan koping yang sehat untuk menghadapi penolakan, rasa malu, atau kehilangan. Ini menjadi sangat bermasalah jika Anda sebelumnya memiliki hubungan romantis karena mereka mungkin membenarkan tindakan mereka dengan logika “Jika saya menderita, Anda juga harus” atau “Jika saya tidak dapat memiliki Anda, tidak ada yang bisa.”

Bagaimana Penguntit Menggunakan Manipulasi untuk Memberi Makan Obsesi Mereka

Manipulasi adalah salah satu alat penguntit terbesar, kekhususan dengan mantan. Di bawah ini adalah beberapa cara umum penguntit akan mencoba memikat Anda kembali.

1. Mereka akan membuat Anda bersalah atau menciptakan keadaan darurat untuk mendapatkan simpati. Contoh: “Mengapa kamu melakukan ini padaku? Apa kau tidak peduli padaku? ”
2. Mereka membuat janji kosong untuk memperpanjang kontak. Contoh: “Ini terakhir kali, saya bersumpah. Saya hanya butuh penutupan. ”
3. Mereka akan melakukan pemerasan, tidak peduli seberapa jauh jangkauannya. Contoh: “Saya akan memberi tahu atasan Anda tentang saat Anda menelepon karena sakit.”
4. Mereka mempermainkan rasa tidak aman Anda dan membuat tuduhan yang tidak berdasar. Contoh: “Anda tidak peduli dengan siapa pun kecuali diri Anda sendiri.”
5. Mereka akan mengubah kata-kata Anda agar sesuai dengan agenda mereka. Contoh: “Aku tahu kamu benar-benar mencintaiku dan teman-temanmu hanya mencoba mencuci otakmu untuk melawanku.”
6. Mereka akan memberikan hadiah yang mahal atau rumit dengan syarat terikat. Contoh: “Bagaimanapun juga yang telah saya lakukan untuk Anda

Karakteristik Umum a
Penguntit

Penting untuk diperhatikan bahwa penguntit bukanlah monster yang bersembunyi di bawah tempat tidur Anda. Faktanya, tidak ada aturan tentang cara menemukannya. Kesalahpahaman umum tentang penguntit mencakup gagasan tentang penguntit yang kesepian, canggung secara sosial, dan umumnya orang yang tidak diinginkan.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa banyak penguntit adalah orang-orang yang menawan dan tampaknya “rata-rata” yang tidak pernah Anda duga memiliki obsesi yang tidak sehat dengan mantan mereka, tetangga mereka, atau orang asing.

Konon, ada karakteristik tertentu yang dimiliki banyak penguntit dan penting untuk diketahui. Diambil langsung dari buku pegangan menguntit, di bawah ini adalah daftar menarik dari ciri-ciri kepribadian yang dimiliki kebanyakan penguntit. Jika Anda memperhatikan sifat-sifat ini pada seseorang yang mengejar hubungan dengan Anda, Anda mungkin ingin berpikir dua kali.

Kecemburuan

Narsis

Obsesif dan kompulsif

Jatuh cinta “seketika” (Intensitas)

Manipulatif

Tidak bertanggung jawab atas perasaan atau tindakan mereka sendiri

Perlu memiliki kendali atas orang lain

Canggung atau tidak nyaman secara sosial

Memandang diri sebagai korban masyarakat, keluarga, dan lain-lain

Tidak dapat menerima jawaban “tidak”

Menipu

Seringkali beralih antara amarah dan “cinta”

Kesulitan membedakan antara fantasi dan kenyataan

Rasa berhak (“Kamu berhutang padaku …”)

Tidak dapat mengatasi penolakan

Bergantung pada orang lain untuk rasa “diri”

Memandang masalahnya sebagai kesalahan orang lain

Jadi, Apa Yang Dapat Anda Lakukan?

Jika seseorang membuat Anda merasa tidak nyaman atau takut, itu adalah firasat Anda yang mengirimkan sinyal kelelawar bahwa ada sesuatu yang salah. Percayalah. Terkadang kita merasakan ada yang salah sebelum kita dapat melihat buktinya. Berurusan dengan penguntit bisa jadi tidak nyaman, tetapi ada cara untuk melindungi diri Anda sejak dini:

1. Bersikaplah tegas dan biarkan orang yang membuat Anda tidak nyaman tahu bahwa Anda tidak ingin melanjutkan kontak. Lakukan ini pada tanda pertama perilaku mengganggu dan patuhi itu. Begitu Anda mengatakan tidak untuk menghubungi, Anda harus berhenti merespons untuk menghindari mendorong mereka.
2. Jangan khawatir jika Anda menyakiti perasaan mereka saat Anda mengakhiri kontak karena perilaku mereka yang tidak diinginkanlah yang menciptakan situasi ini. Anda hanya menetapkan batasan untuk menjaga diri Anda tetap aman.
3. Berhati-hatilah dengan jenis informasi pribadi yang Anda posting online dan apa yang Anda biarkan teman Anda menandai Anda.
4. Jangan izinkan aplikasi menunjukkan lokasi Anda.
5. Jaga agar mobil dan rumah Anda terkunci.
6. Gantilah rute mengemudi yang Anda gunakan. Jangan pertahankan pola yang dapat diprediksi.
7. Jangan katakan Anda akan menghubungi polisi kecuali Anda berencana melakukannya. Tidak menindaklanjuti apa yang Anda katakan akan memberi isyarat kepada penguntit Anda bahwa Anda tidak serius dengan apa yang Anda katakan.
8. Tetap tenang, tetap tegas, dan tetap tenang sehingga Anda menghindari memberi makan penguntit yang perlu menciptakan respons emosional dari Anda.

Betapapun menakutkannya, kita bisa menghentikan penguntitan. Kuncinya adalah waspada, mendidik diri sendiri, dan mencari bantuan. Semakin awal Anda melakukannya, semakin sukses Anda. Jangan pernah lupa: tidak ada yang bisa mengambil kekuatan Anda dari Anda.

Jadi peganglah itu, dan ingatlah bahwa Anda memegang kendali. Untuk tips lebih lanjut tentang berurusan dengan penguntit, hubungi 800-FYI-CALL (800-394-2255) Senin sampai Jumat, 10 pagi sampai 6 sore. EST., Atau kunjungi Stalking Resource Center. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa postingan kami dengan 5 pilihan teratas kami untuk referensi tentang penguntitan.

Penafian: Harap diperhatikan, ini bukanlah daftar lengkap dari karakteristik penguntit. Jika seseorang yang Anda kenal membuat Anda merasa tidak nyaman dengan cara apa pun, lebih baik aman daripada menyesal. Jika Anda curiga Anda sedang dibuntuti, lakukan percakapan dengan seseorang yang Anda percayai dan hubungi seorang advokat untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.

Mark Wilson pertama kali diberi tahu bahwa dia memiliki penguntit setelah studio keduanya dibakar.

Sama seperti studio tari pertama, yang satu ini juga dihancurkan dalam serangan pembakaran.

Juri Dancing with the Stars telah menghabiskan tiga tahun meletakkan bagian-bagian hidupnya dan bekerja bersama hanya untuk kemudian runtuh lagi.

“Ketika kami mendapat telepon malam itu, saya pikir saya sedang dalam mimpi,” kata Wilson kepada 9news.com.au tentang kebakaran kedua.

“Saya berkata kepada [kepala sipir], ‘Anda salah, itu tiga tahun lalu’, dan dia berkata, ‘tidak, [studio] baru sedang terbakar. Kamu harus turun di sini sekarang ‘. ”

Setelah penyelidikan, polisi memberi tahu Wilson bahwa serangan itu menjadi sasaran.

Menurut Biro Statistik Australia, satu dari lima wanita dan satu dari 13 pria pernah mengalami penguntitan.

Pakar penguntit terkenal di dunia dan psikolog forensik, Dr Lorraine Sheridan, mengatakan sulit untuk mendefinisikan dan membuktikannya karena perilaku yang membentuk penguntitan, jika dipertimbangkan sendiri, mungkin tampak normal.

Meminta seseorang untuk berkencan, meminta seseorang untuk kembali dengan Anda setelah putus, mengirim pesan teks, mengemudi ke rumah Anda, mengirim hadiah – hanya banyak dan banyak kontak dan komunikasi, kata Dr Sheridan.
“Jika Anda mempertimbangkannya satu per satu, itu bukan masalah besar.

Hanya ketika Anda menggabungkan semuanya dan Anda mendapatkan gambaran besarnya, Anda mulai berpikir ada yang salah di sini, ini tidak benar, ini tidak pantas, ini menakutkan. ”

REAKSI CATASTROPHIC

Sekitar setengah dari semua kasus penguntitan berhubungan dengan mantan pasangan yang menginginkan balas dendam atau untuk membangun kembali hubungan, angka menunjukkan.
“Kita semua marah setelah hubungan berakhir,” kata Dr Sheridan. Itu normal untuk mengirim pesan, menanyakan alasannya, datang ke rumah, meminta rekonsiliasi, bersumpah sedikit, meledakkan sedikit, itu hanya perilaku manusia yang normal.

Tapi saat itulah mereka tidak akan menyerah dan mereka terus berjalan selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun. Saat itulah kami mendapat kasus penguntitan. Namun, siapa pun – kenalan, teman, kolega, dan bahkan orang asing – bisa menjadi penguntit.

Ini semua tentang kekuatan, ini semua tentang kontrol dan bagaimana cara menanggulanginya. Orang-orang yang tidak bisa dikatakan ‘tidak’. “Orang yang memiliki reaksi bencana terhadap segala bentuk penolakan.”

Baca Juga : Rehabilitasi Terapi Untuk Menanggulangi Kecanduan Narkoba

MEMBERIKAN KASUS ANDA

Menguntit adalah kejahatan di semua negara bagian dan teritori di Australia tetapi, tidak seperti kejahatan lainnya, korban bertanggung jawab untuk memberikan bukti dan melaporkan masalah tersebut.

“Terserah pada korban dalam banyak kasus untuk menggabungkan semua titik, menyimpan log semua panggilan telepon, mengirim SMS, menulis kapan terakhir kali mereka melihat penguntit, apa yang mereka katakan, menyimpan benda yang diberikan atau digunakan oleh penguntit, video, foto, ”kata Dr Sheridan.

“Satu aspek positifnya adalah semakin banyak penguntit menggunakan teknologi, semakin banyak bukti yang didapat karena banyak dari barang ini disimpan di awan di suatu tempat.”

Esia - Informasi Penanggulangan Stalking Amerika dan Dunia