(123)456 7890 demo@coblog.com

Pembunuh Berantai “Golden State Killer” Yang Legendaris

Pembunuh Berantai “Golden State Killer” Yang Legendaris

Pembunuh Berantai “Golden State Killer” Yang LegendarisJoseph James DeAngelo Jr. (lahir 8 November 1945) adalah seorang pembunuh berantai Amerika, pemerkosa berantai, pencuri, dan mantan petugas polisi yang melakukan setidaknya 13 pembunuhan, 50 pemerkosaan, dan 120 perampokan di California antara tahun 1973 dan 1986.

Pembunuh Berantai “Golden State Killer” Yang LegendarisPembunuh Berantai "Golden State Killer" Yang Legendaris

Esia.net – DeAngelo bertanggung jawab untuk setidaknya tiga aksi kejahatan di seluruh California, yang masing-masing memunculkan julukan berbeda di media, sebelum terbukti bahwa mereka dilakukan oleh pelaku yang sama. Di Lembah San Joaquin, dia dikenal sebagai Visalia Ransacker sebelum pindah ke daerah Sacramento, di mana dia dikenal sebagai Pemerkosa Area Timur dan dihubungkan dengan modus operandi ke serangan tambahan di Contra Costa County, Stockton, dan Modesto.

DeAngelo melakukan pembunuhan berantai di Santa Barbara, Ventura, dan kabupaten Orange, di mana ia dikenal sebagai Penguntit Malam dan kemudian Penguntit Malam Asli (karena pembunuh berantai Richard Ramirez juga disebut “Penguntit Malam”). DeAngelo diyakini telah mengejek dan mengancam baik korban maupun polisi dalam panggilan telepon yang tidak senonoh dan kemungkinan komunikasi tertulis dilansir kompas.com.

Selama penyelidikan selama beberapa dekade, beberapa tersangka dibersihkan melalui bukti DNA, alibi, atau metode investigasi lainnya. Pada tahun 2001, setelah tes DNA menunjukkan bahwa East Area Rapist dan Original Night Stalker (EARONS) adalah orang yang sama, akronim EARONS mulai digunakan. Kasus tersebut merupakan faktor dalam pembentukan database DNA California, yang mengumpulkan DNA dari semua terdakwa dan narapidana di California dan telah dipanggil kedua setelah Virginia dalam efektivitas dalam memecahkan kasus flu. Untuk meningkatkan kesadaran akan kasus ini, penulis kriminal Michelle McNamara menciptakan nama Golden State Killer pada awal 2013.

Baca Juga : Ciri – Ciri Awal Orang Melakukan Kejahatan Penguntitan

Biro Investigasi Federal (FBI) dan lembaga penegak hukum setempat mengadakan konferensi pers pada 15 Juni 2016, untuk mengumumkan upaya nasional yang diperbarui, menawarkan hadiah $ 50.000 untuk penangkapannya. Pada 2018, pihak berwenang mendakwa bahwa DeAngelo yang masih berusia 72 tahun dengan delapan gugatan pembunuhan tingkat satu, berdasarkan bukti DNA; peneliti telah menandai anggota keluarga DeAngelo melalui silsilah dasar forensik. Ini juga adalah pengumuman awal yang menghubungkan kesalahan Visalia Ransacker dengan DeAngelo.

Karena undang-undang pembatasan California pada kasus mencabuli sebelum tahun 2017, DeAngelo tidak dapat digugat atas pencabulan tahun 1970; tetapi dia didakwa pada Agustus 2018 dengan 13 upaya penculikan dan penculikan terkait. Pada 29 Juni 2020, DeAngelo mengaku bersalah atas berbagai tuduhan pembunuhan dan penculikan.

Sebagai bagian dari pembelaan yang membebaskannya dari hukuman mati, DeAngelo juga mengakui banyak kejahatan yang tidak didakwakan secara resmi, termasuk pemerkosaan. Pada 21 Agustus 2020, DeAngelo dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Awal kehidupan dan karir

Joseph James DeAngelo lahir pada tanggal 8 November 1945, di Bath, New York, dari pasangan Joseph James DeAngelo Sr., seorang sersan di Angkatan Darat Amerika Serikat, dan Kathleen Louise DeGroat. Dia memiliki dua adik perempuan dan seorang adik laki-laki. Seorang kerabat melaporkan bahwa ketika DeAngelo masih kecil, dia menyaksikan pemerkosaan saudara perempuannya yang berusia tujuh tahun oleh dua penerbang di sebuah gudang di Jerman Barat, tempat keluarganya ditempatkan pada saat itu. Menyusul keyakinannya, salah satu saudara perempuan DeAngelo mengklaim bahwa dia dilecehkan oleh ayah mereka saat dia tumbuh dewasa.

Antara 1959 dan 1960, DeAngelo bersekolah di Mills Junior High School di Rancho Cordova, California. Mulai tahun 1961, ia bersekolah di Folsom High School, di mana ia menerima sertifikat GED pada tahun 1964. Ia bermain di tim bisbol universitas junior. Jaksa penuntut melaporkan bahwa DeAngelo melakukan perampokan dan menyiksa serta membunuh hewan selama masa remajanya.

DeAngelo bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat pada September 1964 dan bertugas selama 22 bulan selama Perang Vietnam sebagai pengendali kerusakan di kapal penjelajah USS Canberra dan tender kapal perusak USS Piedmont. Mulai Agustus 1968, DeAngelo kuliah di Sierra College di Rocklin, California; dia lulus dengan gelar associate dalam ilmu kepolisian, dengan pujian.

Dia kuliah di Universitas Negeri Sacramento pada tahun 1971, di mana dia memperoleh gelar sarjana dalam bidang peradilan pidana. DeAngelo kemudian mengambil kursus pasca sarjana dan pelatihan polisi lebih lanjut di College of the Sequoias di Visalia, kemudian menyelesaikan magang polisi selama 32 minggu di Departemen Kepolisian Roseville.

Dari Mei 1973 hingga Agustus 1976, dia adalah perwira polisi unit perampokan di Exeter (sebuah kota berpenduduk sekitar 5.000 orang, dekat Visalia), setelah pindah dari Citrus Heights. Dia kemudian bertugas di Auburn dari Agustus 1976 hingga Juli 1979, ketika dia ditangkap karena mengutil penolak palu dan anjing; dia dijatuhi hukuman percobaan enam bulan dan dipecat pada bulan Oktober itu. Selama proses pemecatan dari Kota, DeAngelo mengancam akan membunuh Kapolres dan diduga menguntit rumah Kapolres.

Pada Mei 1970, DeAngelo bertunangan dengan Bonnie Jean Colwell, teman sekelas di Sierra College, tetapi dia memutuskan hubungan setelah DeAngelo mengancamnya dengan senjata untuk memaksanya menikah dengannya. Pada November 1973, dia menikahi Sharon Marie Huddle di Placer (sekarang dikenal sebagai Loomis). Pada 1980, mereka membeli rumah di Citrus Heights, tempat dia akhirnya ditangkap. Ngerumpi menjadi pengacara pada tahun 1982, dan mereka memiliki tiga anak perempuan – dua lahir di Sacramento, dan satu lahir di Los Angeles sebelum pasangan itu berpisah pada 1991. Pada Juli 2018, Ngerumpi mengajukan gugatan cerai. Mereka bercerai pada 2019.

Riwayat pekerjaan DeAngelo pada 1980-an tidak diketahui. Dari tahun 1990 hingga pensiun pada tahun 2017, ia bekerja sebagai mekanik truk di pusat distribusi Save Mart Supermarket di Roseville. Dia ditangkap pada tahun 1996 karena insiden di sebuah pompa bensin, tetapi tuduhan itu dibatalkan.

Kakak iparnya mengatakan bahwa DeAngelo dengan santai membicarakan tentang Pemerkosa Wilayah Timur dalam percakapan seputar waktu kejahatan aslinya. Tetangga melaporkan bahwa DeAngelo sering kali terlibat dalam ledakan yang keras dan tidak senonoh. Seorang tetangga melaporkan bahwa keluarganya menerima pesan telepon dari DeAngelo yang mengancam akan “mengirimkan banyak kematian” karena anjing mereka yang menggonggong. Dia tinggal bersama seorang putri dan cucu pada saat penangkapannya.

Kejahatan Pembunuh Berantai “Golden State Killer” Kejahatan Pembunuh Berantai "Golden State Killer"

Bukti DNA mengaitkan DeAngelo dengan delapan pembunuhan di Goleta, Ventura, Dana Point, dan Irvine; dua pembunuhan lainnya di Goleta, yang tidak memiliki bukti DNA, dikaitkan dengan modus operandi. Dia mengaku bersalah atas tiga pembunuhan lainnya: dua di Rancho Cordova dan satu di Visalia. DeAngelo juga melakukan lebih dari lima puluh pemerkosaan yang diketahui di wilayah California di Sacramento, Contra Costa, Stanislaus, San Joaquin, Alameda, Santa Clara, dan Yolo; dan dia dikaitkan dengan ratusan insiden perampokan, pencurian, perusakan, pengintipan, penguntitan, dan pengintaian.

Visalia Ransacker pada tahun 1973–1976

Sudah lama dicurigai bahwa tempat pelatihan penjahat yang menjadi Pemerkosa Area Timur adalah Visalia, California (meskipun kejahatan Visalia sebelumnya dimulai pada awal Mei 1973 dan kegiatan lain seperti “Pencuri Kucing Cordova”, serta perampokan. yang terjadi setelah penembakan McGowen, sekarang diduga terkait juga). Selama periode 20 bulan, DeAngelo diyakini bertanggung jawab atas satu pembunuhan dan sekitar 120 perampokan.

Pada akhir April 2018, kepala polisi Visalia menyatakan bahwa meskipun tidak ada DNA yang menghubungkan DeAngelo dengan kasus Central Valley, departemennya memiliki bukti lain yang berperan dalam penyelidikan; dan dia “yakin bahwa Visalia Ransacker telah ditangkap”. Meskipun undang-undang pembatasan untuk perampokan masing-masing telah kedaluwarsa, DeAngelo secara resmi didakwa pada 13 Agustus 2018, dengan pembunuhan tingkat pertama Claude Snelling pada tahun 1975. Pada tahun 2020, DeAngelo mengaku bersalah atas pembunuhan Claude Snelling.

Perampokan

Pembobolan pertama yang tercatat adalah pada 19 Maret 1974, ketika sejumlah $ 50 koin dicuri dari celengan. Sebagian besar aktivitas Ransacker termasuk membobol rumah, mengobrak-abrik atau merusak harta benda pemilik, menyebarkan pakaian dalam wanita, dan mencuri berbagai barang bernilai rendah sambil sering mengabaikan uang kertas dan barang bernilai lebih tinggi di depan mata.

Para Ransacker juga akan sering mengatur atau memajang barang-barang di dalam rumah. Barang-barang yang dikosongkan termasuk celengan dan toples koin; dan barang curian sering kali termasuk Perangko Blue Chip, koin asing atau bersejarah, dan barang pribadi (seperti anting tunggal, kancing manset, cincin, atau medali) tetapi juga termasuk enam senjata dan berbagai jenis amunisi. Beberapa penggeledahan di hari yang sama juga biasa terjadi, termasuk dua belas insiden terpisah pada 30 November 1974.

MOs umum dari perampokan termasuk:

1. Memanjat pagar dan bergerak melalui rute yang sudah ada seperti taman, jalan setapak, parit, dan jalan setapak
2. Mencoba membongkar beberapa titik masuk, terutama jendela
3. Membiarkan beberapa titik pelarian terbuka, terutama jendela, serta pintu rumah, garasi, dan taman
4. Memindahkan layar jendela yang dilepas ke tempat tidur atau ke kamar tidur
5. Menempatkan “barang peringatan” seperti piring atau botol pada pintu dan gagang pintu
6. Memakai sarung tangan (mengingat tidak adanya bukti sidik jari)

Penembakan

Pada 11 September 1975, DeAngelo masuk ke rumah Claude Snelling, 45, di 532 Whitney Lane (sekarang South Whitney Street). Snelling, seorang profesor jurnalisme di College of the Sequoias, sebelumnya mengejar pencuri yang ditemukan di bawah jendela putrinya sekitar pukul 22:00. pada tanggal 5 Februari 1975. [64] Pada 11 September, dia dibangunkan sekitar pukul 2:00 pagi oleh suara-suara aneh.

Setelah meninggalkan kamar tidurnya, Snelling berteriak dan berlari melalui pintu belakang yang terbuka dan menghadapi seorang penyusup bertopeng ski di carportnya yang mencoba untuk menculik putrinya, yang telah ditundukkan dengan ancaman ditikam atau ditembak. Snelling kemudian ditembak dua kali, terhuyung-huyung kembali ke rumah istrinya, dan kemudian meninggal. Setelah penembakan, penyerang melarikan diri dari tempat kejadian, meninggalkan sepeda curian di 615 Redwood Street.

Setelah pembunuhan itu, Beth Snelling, 16, seorang pemandu sorak di Mt. Whitney High School, menjalani hipnotis untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut. Departemen Kepolisian Visalia juga melakukan lebih banyak sumber daya untuk menangkap Ransacker, dan hadiah $ 4000 (setara dengan $ 19.366 pada tahun 2021) telah diposting. Pengintaian malam hari didirikan di dekat rumah-rumah yang sebelumnya dia cari, tetapi penggeledahan terus berlanjut.

Baca Juga : Yahudi yang Anti-Zionis Yahudi yang Pro-Palestina

Sekitar jam 8:30 malam. pada 12 Desember 1975, seorang pria bertopeng memasuki halaman belakang sebuah rumah di Jalan Raya 1505 W. Kaweah, dekat tempat Ransacker sering dilaporkan. Ketika Detektif William McGowen (pengintai di dalam garasi) berusaha menahan pria itu, tersangka menjerit, melepaskan topengnya, dan berpura-pura menyerah setelah McGowen melepaskan tembakan peringatan.

Namun, setelah melompati pagar rumah 1501, dia juga mengeluarkan pistol dengan tangan kirinya dan menembak sekali di dekat wajah McGowen, menghancurkan senternya. Petugas terdekat bergegas untuk membantu McGowen, dan penembak berhasil melarikan diri. Barang yang dikumpulkan sebagai barang bukti antara lain senter, jejak sepatu tenis, dan barang jarahan yang dijatuhkan yaitu Perangko Blue Chip dan kaus kaki biru berisi koin.

 

Esia - Informasi Penanggulangan Stalking Amerika dan Dunia